Pemkab Aceh Tamiang Bersyukur Alokasi DAK Fisik 2024 Tertinggi ke 2 Se Aceh

Gambar Gravatar

Pemkab Aceh Tamiang Bersyukur Alokasi DAK Fisik 2024 Tertinggi ke 2 Se Aceh

Aceh Tamiang, SIPNEWS.ID – PJ bupati Aceh tamiang Dr drs Meurah Budiman SH MH menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas telah ditetapkannya pagu Transfer ke Daerah (TKD) bersumber dari APBN untuk memacu pembangunan tahun 2024.

Bacaan Lainnya

‘’Alhamdulillah, dan patut kita bersyukur pagu dana transfer pusat untuk mendukung pembangunan daerah Aceh tamiang tahun 2024, sudah ditetapkan,’’ ungkap PJ bupati Aceh Tamiang Dr.drs Meurah Budiman SH MH pada sabtu , 23 September 2023.

Patut disyukuri juga, kata PJ bupati Aceh tamiang Meurah Budiman dana transfer pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mendukung percepatan pembangunan fisik kabupaten Aceh tamiang tahun anggaran 2024

Serta dukungan pemerintahan pusat kementrian BAPENNAS DAN KL terkait lainnya serta dukungan SKPD dalam mengikut PROGRAM melalui aplikasi KRISNA

‘’Khusus untuk DAK fisik 2024 , kita naik 2 kali lipat dibandingkan 2023. ,’’ ujarnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI Nomor S-128/PK/2023, dapat diketahui bahwa pagu TKD untuk DAK fisik Kabupaten Aceh tamiang tahun 2024 sebesar Rp134,8 miliar. Angka ini lebih besar hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan DAK fisik yang diterima daerah pada tahun anggaran 2023.   sebesar 70.4 milyar

sementara pagu DAK 2024 fisiknya sudah dapat diketahui sebesar 134 miliar,’’ ujarnya.

Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang bakal dialokasikan ke Kabupaten Aceh tamiang untuk mendukung beberapa kegiatan.

Bidang pendidikan, meliputi kegiatan revitalisasi PAUD, revitalisasi SD, revitalisasi SMP sebesar 23 milyar naik dua kali lipat.

DAK fisik Bidang Kesehatan, menyentuh kegiatan penguatan penurunan angka kematian ibu, bayi dan interpensi stunting. Kemudian DAK fisik untuk mendukung pengendalian penyakit dan penguatan sistem kesehatan serta KB sebesar 52 milyar naik hampir 3 kali lipat.

Tidak hanya itu, DAK fisik bidang jalan. Meliputi kegiatan penanganan jalan kabupaten dan jalan tematik KSPP. Selain itu, bidang irigasi dan tematik KSPP. Bidang pertanian dan tematik KSPP. Serta bidang sanitasi bagi kelompok masyarakat.

‘’Dari pagu TKD yang sudah ditetapkan, menyentuh pada kegiatan beberapa bidang. Pada intinya, DAK ini sangat membantu percepatan pembanguan Kabupaten Aceh Tamiang ’ demikian ujar meurah budiman . (Ril)

Pos terkait